Jumat, 26 Juli 2013

UPGRADING 2013

Upgrading! Yup, sesuai dengan nama tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meng-upgrade. Program  ini merupakan program kerja milik departemen HRD yang dilakukan setiap tahun. Tujuannya adalah untuk pengenalan lingkungan kerja HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan)  IESP serta membuat pengurus lama dan pengurus baru membaur. Target utama dari Upgrading adalah pengurus baru dari HMJ IESP. Program ini diadakan di awal tahun kepengurusan karena memang acara ini sangat membantu menciptakan suasana lingkungan kerja yang nyaman kedepannya.



Program ini wajib diikuti oleh semua pengurus HMJ IESP. Untuk konsep Upgrading tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini acara Upgrading diadakan di Bandungan, Semarang. Acara berlangsung selama 2 hari.

Pada awal acara diberikan materi oleh pengurus-pengurus lama tentang tujuan ikut organisasi dan kepemimpinan. materi ini penting karena memang latar belakang pengurus baru HMJ IESP tidak semuanya pernah mengikuti organisasi sebelum masuk ke bangku perkuliahan. Teman - teman yang lebih dulu mengikuti HMJ IESP juga membagi apa saja yang sudah didapat selama berorganisasi di HMJ IESP selama ini.


Dalam sesi awal ini juga para pengurus baru tidak hanya duduk mendengarkan materi tetapi juga diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya dan bertanya bila ada yang kurang dimengerti tentang organisasi. 




Selain itu ada juga sesi simulasi dimana dalam sesi ini pengurus baru diberikan waktu untuk melakukan simulasi menjalankan acara dari awal mengkonsep acara hingga akhirnya dengan diberi batasan waktu. Hasil yang didapatkan cukup memuaskan karena terlihat potensi - potensi dan pemikiran - pemikiran yang sangat baik dari teman - teman pengurus baru.


Acara ini tidak sepenuhnya diisi dengan materi yang serius. Ada juga sesi bermain di hari ke-2 yang terdiri dari beberapa permainan. Semua permainan yang dimainkan memiliki tujuan yang sama yaitu melatih kerja sama dari semua pengurus HMJ baik yang lama maupun yang masih baru. 




Diharapkan acara Upgrading memberi manfaat bagi segenap pengurus HMJ IESP dan memberikan dampak positif dalam hal kerja sama ke depannya. IESP JAYA! JAYA EKONOMI! 


Ari Wahyu Nugroho, Kepala Departemen HRD HMJ IESP periode 2012/2013





Tidak ada komentar:

Posting Komentar